Wed. Jun 23rd, 2021

Sempat Cerita Sedang Hamil, Nunik “Tumbang” Usai Sambutan di Novotel

Bandar Lampung (IKN )- Wakil Gubernur Lampung Chusnuni Chalim alias Nunik tiba-tiba lemas dan minta dipapah, usai memberikan sambutan saat membuka pertemuan Aksi Konvergensi Stunting dalam rangka Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting Kabupaten Tahun 2021 di Hotel Novotel Bandarlampung, Senin 24 Mei 2021.

Nunik memasuki lokasi acara di Lantai II Novotel, sekitar pukul 14.18 WIB, dan langsung di mulai. Usai memberikan sambutan, Nunik kembali duduk di kursinya. Namun, saat akan doa penutup, Nunik izin kepada hadirin pamit sembari memegang kepala. Tiba-tiba, saat turun dari kursi yang ada di podium langkahnya melambat dan meminta dipapah. Peserta dan ajudan terlihat panik. Sekitar pukul 14.43 WIB, Nunik dibawa keluar hotel menggunalan kursi roda, menuju mobilnya yang ada di lobby hotel.

Dalam sambutannya, Nunik sempat memberi arahan dan memberi kode bahwa dirinya tengah hamil. Ia mengatakan bahwa stunting menjadi perhatian bersama, dimulai ketika ibu mengandung dan anak usia dua tahun harus diperhatikan gizi nya agar tidak stunting.

“Stunting bukan hanya ketika bayi lahiran saja. Tapi sejak ibu hamil juga harus memperhatikan gizi anak di dalam kandungannya. Termasuk saya yang juga harus mendapatkan perhatian diberikan makanan yang bergizi,” ujar Nunik memberi kode tengah mengandung.

Nunik mengatakan, Pemprov Lampung terus berupaya melakukan pembinaan terhadap kabupaten/kota dalam meningkatkan keterpaduan intervensi gizi, serta percepatan penurunan stunting. Mengingat target penurunan angka stunting di Lampung dalam RPJMD sampai dengan tahun 2024 adalah sebesar 14 persen.

Dia melanjutkan, masalah stunting penting untuk ditangani, karena berpengaruh terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaitan dengan tingkat kesehatan bahkan kematian anak. “Stunting dapat diatasi atau dikoreksi sejak seribu hari pertama kehidupan. Sehingga saat bayi lahir sampai dengan usia 2 tahun masih bisa dilakukan intervensi agar tidak menjadi stunting,” katanya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *