Tue. Oct 12th, 2021

DPRD Lamsel Respon Keluhan Warga Terkait IUTM

KALIANDA – Pembangunan waralaba yang dimiliki oleh waralaba ternama yang menjamur diwilayah Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, menjadi keluhan dan keresahan warga setempat selaku pemilik usaha warung kecil.

Hal itu tentunya berkaitan dengan Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Berbagai tanggapanpuj muncul, salah satunya dari anggota DPRD Lamsel Partai Demokrat, Jenggis Khan Haikal.

Menurutnya, Pemerintah Kabupate. sebaiknya membatasi perijinan waralaba yang semakin menjamur di Lampung Selatan.

“Berikan kesempatan bagi pedagang kecil yang di berdayakan yakni pedagang pedagang usaha warung kecil.” Katanya. Senin, (04/10/2021).

Hal senada diungkapkan, Ketua Komisi II yang membidangi Perizinan dan Ekonomi Dprd Lampung Selatan yakni, Halim Nasai.

Memurutnya, pada awal dulu pernah di bahas namun hingga saat ini belum mengetahui persis tentang aturannya di dinas terkait. Maka selanjutnya akan meninjau ulang terkait aturan dan dasar perizinannya, salah satunya, seperti misalnya, ada enggak aturannya yang harus melibatkan UMKM.

“Dalam kajiannya bila memang ada yang keliru akan kita upayakan untuk peninjauan ulang, tapi kami sekarang ini belum mengetahui bagaimana dasar – dasar aturannya. Sebelumnya akan saya bahas dengan kawan -kawan dulu dan ada kemungkinan kita Hearingkan.”Jelasnya.

Berdasarkan keterangan pada bulan November 2017 lalu, toko modern waralaba Alfamart maupun Indomart, ada sebanyak 120 unit toko waralaba tersebar di Lamsel, yang yang masa berlaku izinnya terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *