Fri. May 14th, 2021

Bentrok Antar Kelompok Saling Klaim Lahan Sawit Empat Warga Luka Bacok, Satu Kritis, Satu Luka Tembak

Ilustrasi

Mesuji (IKN) – Komplik lahan di Mesuji kembali memanas. Dua kelompok tani sawit terlibat pertikaian senjata tajam dan senjata api. Akibatnya empat warga luka sejata tajam satu orang kritis, dan satu petani luka tembak senjata api, diwilayah lahan plasma blok I 14 Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Jumat 20 November 2020 sekitar pukul 11.00 Wib.

Informasi  dilokasi kejadian menyebutkan para korban bernama, Wahono menderita luka bacok kepala, Tursimin luka tembak lengan kanan dekat ketiak, Wawan adik tursimin, Turino, dan Miftahudin, kelimanya adalah warga Pajar Asri.

Pada Jumat 20 November 2020 pukul 10.30 Wib, kelima korban mendapat perintah dari Pendi untuk bekerja di Lahan Plasma Blok I 14 untuk memanen buah Sawit. Laham tersebut ternyata hasil saling klam-klaiman antara Rauf Mansur yang memerintahkan pria bernama Singe warga Pajar Indah jurang kuali, sebagai petugas jaga pengamanan lahan.

Pada saat Wahono dan empat rekannya sedang bekerja memanen sawit, mereka didatangani Singe, bersama rekannya Yanto dan Ayip,  dan langsung memerintahkan mereka pekerja tersebut agar meninggalkan lokasi dengan nada tinggi.

Tusimin yang tidak tahu masalahnya mendekati Wawan, dan melihat keributan, dan melihat Wahono berlari bercucuran darah. Yanto yang melihat kehadiran Tusimin jadi korban sasaran tembak, dan Tusimin luka tembak dibagian lengan kanan atas disebelah ketiak.

Melihat ditembaki Yanto, Tusimin, melarikan diri menuju ke Desa Pajar Asri dan langsung menghubungi kepala Desa dan melaporkan kejadin itu. langsung mengerahkan masyarakat menuju ke lokasi untuk mencari Wahono dan rekan-rekannya.

Wahono ditemukan oleh warga Pajar Asri dengan luka bacok dikepala sebelah kanan dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Puri Husada Kecamatan Simpang Pematang, termasuk Tusimin. Sementara tiga rekan Wahono berhasil melarikan diri dan diamankan oleh masyarakat Desa Pajar Asri. Kondisi Wohono dalam keadaan kritis. Aparat kepolisian dan TNI Mesuji kini berjaga jaga di lokasi, mengantisipasi bentrok susulan. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *