Sun. Feb 23rd, 2020

Akses Jalan Penghubung Sekampung Dan Lampung Selatan Selalu Terendam Banjir

Lampung Timur, (IKN) – Setidaknya, selama tiga bulan dalam satu tahun masyarakat perbatasan Lampung Timur dan Lampung Selatan menikmati gerobak banjir, tepatnya pada akses jalan penghubung antara Desa Karyamukti Kecamatan Sekampung Lampung Timur dengan Desa Karangrejo Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan.

Hal itu terjadi hingga puluhan tahun silam, belum juga ada upaya pemerintah mengantisipasi jalan tersebut.
,”Iya kita selalu terendam banjir seperti ini, dalam satu tahun mungkin ada tiga (3) bulan kita seperti ini, “ujar salah satu masyarakat setempat, beberapa waktu lalu kepada sejumlah awak media.

Bejan, warga Dusun Trimurti Desa Karangrejo Kecamatan Jatiagung Lampung Selatan, mengaku kondisi akses jalan yang tidak dapat dilalui secara normal tersebut sudah berjalan puluhan tahun, tepatnya, ketika musim hujan, masyarakat yang melintasi jalan teepaksa menggunakan gerobak kayu.

,”Kalau masih sebatas satu (1) meter lebih sedikit masih bisa kita gunakan gerobak kayu ini, tapu kalau sudah sangat tinggi tidak dapat lagi dilalui, anak-anak sekolah dari kampubg kami terpaksa libur,” keluh Bejan.

Pernyataan Bejan juga dikuatkan Sarkun (50) Sekampung, menurutnya banjir tersebut dari luapan sungai Kandis, dan sungai Sekampung.
,”Dengan gerobak yang kita dorong inilah maka masyarakat dapat melalui jalan, dan biaya kita tidak targetkan, seikhlasnya sajal,” ujar Sarkun.

Karenanya, masyarakat penghubung antar Desa luar Kabupaten berharap pemerintah, baik dari Kabupaten Lampung Timur ataupun Lampung Selatan dapat melakukan upaya agar persoalan itu tidak lagi terjadi, karena, tambahnya, hal itu menyangkut paka anak dan putra putri calon pemimpin Bangsa.
,”Karena anak-anak sekolah tidak dapat bersekolah apabila banjirnya besar, kami berharap agar ada pemabngunan disini,” harap masyarakat setempat. (DS/VR-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *